Bandeng Presto

BANDENG PRESTO

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Walaupun pada awalnya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Kapbupaten  Pati, Jawa Tengah , namun makanan lezat yang satu ini menjadi ikon Kota Semarang. Jangan pernah cerita ke orang lain bahwa Anda pernah ke Semarang , kalau belum pernah menikmati kegurihan Bandeng Presto. Bandeng Presto ditemukan pada tahun 1977 oleh Ibu Hanna Budimulya yang pada awalnya dibuat dalam skala kecil untuk kalangan tertentu saja. Namun karena digemari banyak orang, produksi Bandeng Presto semakin berkembang dan menjadi oleh-oleh khas dari Kota Semarang.


Cara membuat bandeng presto

1. Ambil baskom, letakkan ikan bandeng di dalamnya. Balur dengan bumbu halus kecuali daun salam. Diamkan selama satu jam.

2. Siapkan panci presto, alasi dasarnya dengan daun salam. Susun ikan bandeng berbumbu, tuang air. Tutup presto dengan rapat, kunci.

3. Masak ikan bandeng selama 60 menit. Angkat.

4. Buka katup pengatur suhu, biarkan uap keluar sampai habis. Angkat ikan. Hidangkan bandeng presto selagi hangat bersama nasi atau digoreng dulu.

Untuk lebih mudah memahami cara membuat bandeng presto, silahkan lihat video di bawah ini



Komentar