Makanan Khas Kota Semarang




Semarang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menawarkan banyak sekali makanan khas Semarang yang enak dan juga populer. Selain kuliner, Semarang juga memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dan menunjukkan sisa kemegahannya pada kala itu di kota bersejarah ini. Sementara itu, Kota Semarang juga kaya akan keragaman budaya, karena kota ini memang pernah menjadi kota pelabuhan penting untuk perdagangan internasional. Berbagai suku dan juga budaya hidup dengan rukun dalam satu lingkungan dan menciptakan keharmonisan budaya baru.

Hal tersebut dapat kita lihat dari kuliner atau makanan khas Semarang yang sebagian besar dipengaruhi oleh budaya-budaya tersebut. Mulai dari jajanan yang ringan seperti lumpia sampai hidangan berat seperti nasi ayam Semarang sedikit banyak sudah mendapatkan pengaruh dari budaya luar. Keunikan itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung dan menikmati liburan di Semarang. Nah, dari semua makanan khas Semarang yang populer, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ini.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap kota yang ada di Indonesia pasti mempunyai jajanan khasnya masing-masing. Itulah yang membuat Indonesia kaya akan aneka kuliner. Tidak terkecuali makanan khas Semarang, ada banyak sekali jajanan khas yang ada di kota ini. Kurang lengkap rasanya bila belum mencoba berbagai kulinernya ketika kita berkunjung ke Semarang. Kota Wisata yang diberi julukan sebagai Venetie van Java ini tak hanya menawarkan keragaman wisata yang seru dan menarik saja. Tapi juga menawarkan banyak sekali makanan khas yang akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama liburan di Semarang.

Tak heran bila pada tahun 2015, Semarang dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata. Berbagai macam makanan mulai dari ayam, daging, ikan, dan juga burung dengan cita rasa yang khas bisa dengan mudah kita temukan di setiap sudut kota Semarang. Bahkan, beberapa diantaranya adalah kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1940-an.

Beberapa makanan yang cukup terkenal di Semarang adalah lumpia, wingko babat, bandeng presto, moaci gemini, babat gongso, dan juga gudangan.

Komentar