Mochi Semarang

 Moaci Gemini



Kueh Moaci Gemini pertama kali dititipjualkan di toko-toko roti kecil di wilayah pecinan. Nama Kueh Moaci Gemini makin dikenal sejak didirikan pada tahun 1985 oleh Sri Harsini yang hingga kini diteruskan dr Hantanto sebagai snack, cemilan oleh-oleh khas dari Semarang. Ini berawal dari para tetangga yang mulai memesan untuk dimakan sendiri atau dibawa keluar kota untuk diberikan kepada keluarganya.

Kue mochi atau Kueh Moaci Gemini khas Semarang ini khas dengan tekstur kenyal dan apabila digigit di dalamnya terdapat manis dan legit. Gurihnya dengan perpaduan kacang cincang beserta gula, sampai dengan sekarang Kueh Moaci Gemini dikenal sebagai cemilan legendaris khas Kota Semarang.

Cemilan ini terbuat dari adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula, dengan cita rasa yang unik, enak dan tekstur kenyal serta harga terjangkau. 

Hingga kini Kueh Moaci Gemini terus melakukan inovasi agar tetap dikenal dengan membuat ide-ide dalam membuat varian kue moaci dengan rasa yang beragam. Salah satunya dengan membuat moaci berbentuk bulat dan berbalut wijen (hal ini dikarenakan karena bubuk tepung dari Kueh Moaci Gemini yang menempel ketika dimakan dan membuat beberapa pelanggan tidak nyaman saat menikmati), yang dahulunya, bentuk kue moaci tidak bulat seperti sekarang ini. Melainkan lonjong dan dipotong-potong beberapa bagian dengan hanya berbalut bubuk tepung dengan isi kacang

Bahan untuk kulit:

150 g tepung beras ketan putih

3 sdm gula pasir

¼ sdt garam

1 sdm tepung maizena

2 sdm minyak kelapa

140 ml air

Isi:

150 g kacang tanah, sangrai, cincang

5 sdm gula pasir

5 sdm air panas

Pelapis:

5 sdm tepung maizena, sangrai

4 sdm biji wijen, sangrai

Cara Membuat :

Isi:  Dalam wadah, campur seluruh bahan isi hingga rata. Sisihkan.

Kulit: 

1. Dalam wadah, campur seluruh bahan hingga rata dan tidak menggumpal.

2.Kukus adonan kulit dalam dandang dengan tutup yang dibungkus serbet, selama 20 menit. Angkat.

3. Ambil1 bagian adonan, pipihkan, beri isi di tengahnya. Bulatkan, gulingkan dalam tepung maizena.

4. Ambil 1 bagian lain, buat bulatan dan beri isi. 

5. Bulatkan, gulingkan dalam wijen. Sajikan


Komentar